Selasa, 29 Januari 2013

Bila Google Makin Serius Jajaki Bisnis Seluler

tujuh ilustrasi (ist)

California, AS - Desas-desus tentang rencana Google menjajaki bisnis seluler ternyata bukan isapan jempol belaka. Raksasa internet itu kabarnya telah mengajukan izin lisensi ke regulator telekomunikasi di Amerika Serikat agar bisa menyelenggarakan layanan seluler lewat jaringannya sendiri.
Seperti kutip dari Celluler-News, Selasa (29/1/2013), Google telah meminta izin seluler untuk area operasional di sekeliling markas besarnya di California, AS. Namun di masa yang akan datang, tidak menutup kemungkinan area layanan yang dilayani Google bisa lebih luas lagi.
2,524 GHz hingga 2,625 GHz adalah rentang frekuensi yang diminta Google. Jangkauan dari spektrum frekuensi ini kabarnya hanya bisa beroperasi di seputar markas Google dan tidak kompatibel dengan smartphone yang dijual di AS saat ini, meski sejatinya rentang frekuensi tersebut dikuasai oleh Clearwire saat ini.
Google sendiri belum mau berkomentar tentang hal ini. Namun jika nantinya Google memang serius bermain di bisnis seluler, langkah ini bisa menjadi ancaman besar bagi para operator seluler existing. Seperti diketahui, 50% lebih trafik data dan internet mobile saat ini telah dikuasai oleh Google.(detikinet)

Artikel Terkait :




0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More